Posisinya yang berada di pinggir jalan membuat air terjun ini disebut sebagai pintu gerbang ekowisata di pegunungan Petungkriyono.

Pegunungan Petungkriyono berada di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Panorama alam yang disajikan benar-benar luar biasa. Sangat indah tentunya. Namanya Curug Sibedug. Curug ini terletak persis ditepi jalan menuju Kecamatan Petungkriyono. Posisi tepatnya di Desa Kayupuring.

Akses menuju Curug Sibedug cukup mudah. Dari kota Pekalongan kita bisa naik bus jurusan Doro. Turun di Terminal Pasar Doro. Perjalanan dilanjutkan menuju Kecamatan Petungkriyono dengan naik angkutan pegunungan pariwisata yang biasa disebut masyarakat setempat Anggun Paris.

Angkutan pedesaan bak terbuka ini akan mengantarkan Anda menyusuri jalan yang berkelok-kelok dengan keindahan hutan pegunungan Petungkriyono. Dari pasar Doro, perjalanan menuju Curug Sibedug ditempuh kurang lebih 30 menit.

Bagi pengunjung yang melintas, Curug Sibedug Petungkriyono Pekalongan ini menjadi tempat populer untuk mampir beristirahat sejenak. Tersedia juga sejumlah warung kopi dan makanan di tepi jalan memperkuat alasan orang untuk berhenti di sini.

Kopi yang disediakan di warung-warung itu bukanlah kopi yang biasa ditemui di kota, namun kopi yang dibudidayakan oleh masyarakat setempat sebagai bagian dari upaya pelestarian kawasan Hutan Sokokembang Petungkriyono yang menjadi habitat Owa Jawa. Selain kopi hutan, telah dibudidayakan juga jenis kopi robusta, excelsa, liberika, dan arabica

Tidak ada komentar:

Posting Komentar