GUNUNG KENDALISODO

 

Gunung ini memiliki puncak dengan ketinggian mencapai 1.699 mdpl. Terletak di Desa Tlogohendro Kecamatan Petungkriyono.Untuk mencapai Desa Tlogohendro, dari Ibukota Kecamatan menuju ke arah selatan, sampai Dusun Candi Yosorejo belok menuju ke arah Desa Tlogohendro. Untuk mendaki Gunung Kendalisodo, para pendaki diminta mengurus perizinan pendakian di basecamp pendakian yang ada di Dusun Glidigan. Untuk mencapai puncak yang dikenal dengan Puncak Hanoman, para pendaki membutuhkan waktu antara 30 menit sampai 1 jam perjalanan.

Di tengah perjalanan, terdapat sebuah taman yang disebut Taman Tasbin yang dilengkapi dengan Gardu Pandang, Shelter dan Rumah Pohon. Para pendaki bisa beristirahat dan berfoto ria di taman ini, sebelum meneruskan perjalanan menuju puncak. Sebelum sampai puncak Kendalisodo, terdapat situs pertapaan yang sampai sekarang masih digunakan oleh masyarakat untuk bertapa.

Di puncak Hanoman terdapat Tugu Trianggulasi peninggalan Belanda serta dapat ditemui batu-batu berbentuk lempeng yang saat ini dibentuk menyerupai meja dan kursi batu seperti peninggalan zaman batu. Meja batu inilah yang menjadi ciri khas Puncak Hanoman Kendalisodo. Di puncak, pendaki bisa berkemah dengan area camping ground yang cukup luas mampu menampung sekitar 20 tenda. Jika cuaca cerah, para pendaki akan mendapatkan sensasi berburu sunset dan sunrise yang luar biasa indah tidak kalah dengan gunung-gunung yang lebih tinggi.

Harga Paket Camping pada Gunung Kendalisodo Rp. 7000,00.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar